Halo bidan-bidan cantik...
Beberapa hari ini saya sangat disibukkan dengan pelatihan Pekerti dan AA, nah dalam pelatihan ini banyak sekali ilmu yang saya dapatkan...tapi banyak juga tugas yang harus dikerjakan. Salah satunya saya disibukkan dengan membuat RPS. Beberapa saat lalu saya sudah memposting contoh tentang RPP ya..kali ini saya akan membahas tentang RPS.
APA ITU RPS???
RPS adalah penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran untuk setiap muatan pembelajaran dalam satu semester. RPS ditetapkan dan dikembangkan oleh dosen secara mandiriatau bersama dalam kelompok keahlian suatu bidang ilmu pengetahuan dalam program studi. Yuk langsung simak contohnya...check it out..
RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS)
PROGRAM STUDI DIII KEBIDANAN
Program Studi : D III Kebidanan
Mata Kuliah : Asuhan Kebidanan I (Kehamilan)
Kode Mata Kuliah :
KEB.301
Semester :
II (dua)
SKS : 3 SKS (T : 3 SKS)
Dosen Pengampu : Risky Puji Wulandari, S.Tr. Keb
Deskripsi MK :
Mata
kuliah ini memberikan kemampuan kepada mahasiswa untuk memberikan asuhan
kebidanan pada ibu hamil normal dengan bantuan didasari konsep-konsep sikap dan
keterampilan serta hasil evidence based dalam praktik antenatal yang
menggunakan pendekatan managemen kebidanan dengan pokok bahasan konsep
terjadinya kehamilan, adaptasi fisiologi dan psikologi ibu hamil, faktor yang
mempengaruhi ibu hamil, kebutuhan ibu hamil, asuhan ibu hamil pada kunjungan
awal dan ulang, deteksi terhadap tanda bahaya kehamilan pada ibu dan janin
serta pendokumentasiannya.
Capaian Pembelajaran MK:
1.
Sikap:
a. Bertaqwa
kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius.
b.
Berkontribusi
dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan
peradaban berdasarkan Pancasila.
c.
Menghargai
keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau
temuan orisinal orang lain.
d.
Bekerja
sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan
lingkungan.
e.
Menginternalisasi
nilai, norma, dan etika akademik.
f.
Menunjukkan
sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
2.
Keterampilan
Umum
Mampu menyelesaikan pekerjaan berlingkup luas dan
menganalisis data dengan beragam metode yang sesuai, baik yang belum maupun
yang sudah baku.
b. Mampu menunjukkan kinerja bermutu dan terukur.
c. Mampu memecahkan masalah pekerjaan dengan sifat dan
konteks yang sesuai dengan bidang keahlian terapannya, didasarkan pada
pemikiran logis, inovatif, dan bertanggung jawab atas hasilnya secara mandiri.
d. Mempu menyusun laporan hasil dan proses kerja secara
akurat dan sahih, serta mengkomunikasikannya secara efektif kepada pihak lain
yang membutuhkannya.
e. Mampu bekerja sama, berkomunikasi, dan berinovatif
dalam pekerjaannya.
f. Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja
kelompok dan melakukan supervise dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan
yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah pertanggungjawabannya.
g. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok
kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya dan mengelola pengembangan
kompetensi kerja secara mandiri.
h. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan
menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.
3.
Keterampilan
Khusus:
a. Menjelaskan konsep dasar asuhan kehamilan.
b. Menjelaskan proses adaptasi, fisiologi, dan psikologi
dalam kehamilan.
c. Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi kehamilan.
d. Mengidentifikasi kebutuhan dasar ibu hamil sesuai
dengan tahap perkembangannya.
e. Melaksanakan asuhan kehamilan.
f. Melaksanakan deteksi dini terhadap tanda bahaya
kehamilan pada ibu dan janin.
g. Mahasiswa
akan mampu mendokumentasikan asuhan kehamilan
4.
Pengetahuan:
a. Menguasai konsep dasar asuhan kehamilan.
b. Menguasai proses adaptasi, fisiologi, dan psikologi
dalam kehamilan.
c. Menguasai faktor-faktor yang mempengaruhi kehamilan.
d. Menguasai kebutuhan dasar ibu hamil sesuai dengan
tahap perkembangannya.
e. Menguasai teknik pemberian asuhan kehamilan.
f. Menguasai cara deteksi dini terhadap tanda bahaya
kehamilan pada ibu dan janin.
g. Mahasiswa
akan mampu mendokumentasikan asuhan kehamilan
TM
Ke
|
Kemampuan Akhir yang Diharapkan
|
Bahan Kajian
(Materi Ajar)
|
Bentuk/Metode Pembelajaran
|
Indikator Penilaian
|
Waktu
(menit)
|
Bobot Nilai
|
1
|
Mahasiswa
akan mampu menjelaskan konsep dasar asuhan kehamilan.
|
Konsep
dasar asuhan kehamilan.
1. Filosofi asuhan kebidanan
2. Ruang lingkup kehamilan
3. Prinsip pokok asuhan kehamilan
4. Sejarah asuhan kehamilan
5. Refocusing asuhan kehamilan
6. Standar asuhan kehamilan
7. Tipe pelayanan asuhan kehamilan
8. Hak-hak wanita hamil
9. Tenaga professional (asuhan kehamilan)
10. Issue terkini dalam asuhan kehamilan
11. Evidence based dalam praktik kehamilan
|
Ceramah,
diskusi kelompok kecil, presentasi
|
Ketepatan
mengidentifikasi dan menjelaskan konsep, partisipasi dalam kegiatan
pembelajaran
|
150
|
5%
|
2
|
Mahasiswa
akan mampu menjelaskan konsep dasar asuhan kehamilan.
|
Konsep dasar asuhan kehamilan.
1. Anatomi dan fisiologi reproduksi wanita, meliputi :
a. Genitalia interna dan eksterna
b. Panggul
c. Siklus hormonal
2. Siklus menstruasi dan proses konsepsi, meliputi :
a. Ovum dan sperma
b. Fertilisasi dan implantasi
3. Pertumbuhan dan perkembangan hasil konsepsi, meliputi :
a. Pertumbuhan dan perkembangan embrio
b. Struktur dan fungsi amnion
c. Struktur, fungsi, dan sirkulasi tali pusat
d. Struktur, fungsi, dan sirkulasi plasenta
e. Sirkulasi darah fetus
f. Menentukan usia kehamilan
g. Menentukan periode kehamilan
|
Ceramah,
diskusi kelompok kecil
|
Ketepatan
menjelaskan, keaktifan dalam diskusi
|
150
|
5%
|
3
|
Mahasiswa
akan mampu menjelaskan proses adaptasi, fisiologi, dan psikologi dalam
kehamilan
|
Pertumbuhan
anatomi dan adaptasi fisiologis pada ibu hamil trimester I, II, dan III,
meliputi :
1. System reproduksi
2. Payudara
3. System endokrin
4. System kekebalan
5. System perkemihan
6. System pencernaan
7. System musculoskeletal
8. System kardiovaskuler
9. System integument
10. Metabolisme
11. Berat badan dan indeks masa tubuh (IMT)
12. Darah dan pembekuan darah
13. System pernafasan
14. System persyarafan
|
Ceramah,
diskusi kelompok kecil, tugas makalah
|
Ketepatan
menjelaskan, keaktifan dalam diskusi, ketepatan pembuatan tugas
|
150
|
10%
|
4
|
Mahasiswa
akan mampu menjelaskan proses adaptasi, fisiologi, dan psikologi dalam
kehamilan
|
Perubahan
dan adaptasi dalam masa kehamilan dan pemeriksaan diagnostic kehamilan,
meliputi :
1. Perubahan adaptasi dan psikologi dalam masa
kehamilan pada trimester I
2. Perubahan adaptasi dan psikologi dalam masa
kehamilan pada trimester II
3. Perubahan adaptasi dan psikologi dalam masa
kehamilan pada trimester III
4. Pemeriksaan diagnostic, meliputi :
a. Tanda pasti kehamilan
b. Tanda tidak pasti kehamilan
c. Tanda mungkin hamil
|
Ceramah,
diskusi kelompok kecil
|
Ketepatan
penjelasan, keaktifan dalam diskusi
|
150
|
5%
|
5
|
Mahasiswa akan mampu menjelaskan
faktor-faktor yang mempengaruhi kehamilan
|
Faktor-faktor
yang mempengaruhi kehamilan, meliputi :
1. Faktor fisik
a. Status kesehatan
b. Status gizi
c. Gaya hidup
2. Faktor psikologis
a. Stressor internal dan eksternal
b. Support keluarga
c. Substance abuse
d. Partner abuse
3. Faktor lingkungan, sosial, budaya, dan ekonomi
a. Kebiasaan adat dan istiadat
b. Fasilitas kesehatan
c. Ekonomi
|
Ceramah,
diskusi kelompok kecil, presentasi
|
Ketepatan
menjelaskan, partisipasi dalam kegiatan pembelajaran
|
150
|
5%
|
6
|
Mahasiswa
akan mampu mengidentifikasi kebutuhan dasar ibu hamil sesuai dengan tahap
perkembangannya
|
Kebutuhan
fisik ibu hamil trimester I, II, dan III, meliputi :
1. Oksigen
2. Nutrisi
3. Personal hygiene
4. Pakaian
5. Eliminasi
6. Seksual
7. Mobilisasi dan body mekanik
8. Exercise
9. Istirahat dan tidur
10. Imunisasi
11. Traveling
12. Persiapan laktasi
13. Persiapan persalinan dan kelahiran bayi
14. Memantau kesejahteraan janin
15. Ketidaknyamanan dan cara mengatasi
16. Kunjungan ulang
17. Pekerjaan
18. Tanda bahaya kehamilan
|
Ceramah,
diskusi kelompok kecil, presentasi
|
Ketepatan
menjelaskan, partisipasi dalam kegiatan pembelajaran
|
150
|
10%
|
7
|
Mahasiswa
akan mampu mengidentifikasi kebutuhan dasar ibu hamil sesuai dengan tahap
perkembangannya
|
Kebutuhan
psikologis ibu hamil trimester I, II, dan III, meliputi :
1. Support keluarga
2. Support dari tenaga kesehatan
3. Rasa aman dan nyaman selama kehamilan
4. Persiapan menjadi orang tua
5. Persiapan sibling
|
Ceramah,
diskusi kelompok kecil
|
Ketepatan
menjelaskan, keaktifan dalam diskusi
|
150
|
5%
|
8
|
Mahasiswa
akan mampu melaksanakan asuhan kehamilan
|
Melakukan asuhan kehamilan mulai dari kunjungan awal
sampai kunjungan ulang yang meliputi pemeriksaan sesuai dengan teori dan
langkah-langkah yang berurutan, yaitu :
1. Tujuan kunjungan
2. Pengkajian data kesehatan ibu hamil
a. Riwayat kesehatan : riwayat social, riwayat kebidanan, riwayat
keluarga, riwayat penyakit
b. Pemeriksaan fisik
c. Pemeriksaan panggul
d. Pemeriksaan laboratorium
e. Pemeriksaan emosional
3. Pengkajian janin
a. Gerakan janin
b. DJJ
c. NST
d. Amniosintesis
|
Ceramah,
diskusi kelompok kecil, demonstrasi
|
Ketepatan
menjelaskan, keaktifan dalam diskusi, ketepatan analisis dengan checklist
|
150
|
10%
|
9
|
Mahasiswa
akan mampu melaksanakan asuhan kehamilan
|
Menentukan diagnosa,
meliputi :
1. Menetapkan normalitas
kehamilan
2. Membedakan antara
ketidaknyamanan dalam kehamilan dan kemungkinan mengalami tanda bahaya
kehamilan pada
3. Mengidentifikasi tanda
dan gejala penyimpangan dari keadaan normal
4. Mengidentifikasi
kemungkinan kebutuhan belajar
|
Ceramah,
diskusi kelompok kecil
|
Ketepatan
menjelaskan, keaktifan dalam diskusi
|
150
|
5%
|
10
|
Mahasiswa
akan mampu melaksanakan asuhan kehamilan
|
Perencanaan asuhan yang komprehensif,
meliputi :
1.
Menetapkan kebutuhan tes laboratorium
2.
Menetapkan kebutuhan belajar
3.
Menetapkan kebutuhan untuk pengobatan tanda bahaya
kehamilan pada ringan
4.
Menetapkan
kebutuhan konsultasi atau rujukan pada tenaga professional lainnya
5.
Menetapkan kebutuhan untuk konseling spesifik atau
anticipatory guidance
6.
Menetapkan
kebutuhan konseling HIV/AIDS
7.
Menetapkan
jadwal kunjungan sesuai dengan perkembangan kehamilan
|
Ceramah,
diskusi kelompok kecil, tugas makalah
|
Ketepatan
menjelaskan, ketepatan pembuatan tugas
|
150
|
10%
|
11
|
Mahasiswa
akan mampu melaksanakan asuhan kehamilan
|
Melakukan
asuhan kehamilan mulai dari kunjungan awal sampai kunjungan ulang, meliputi :
1. Melakukan asuhan
kehamilan kunjungan ulang, meliputi :
a. Mengevaluasi penemuan masalah yang terjadi,
aspek-aspek yang menonjol pada wanita hamil
b. Mengevaluasi data dasar
c. Mengevaluasi keefektivan managemen asuhan
2. Mengumpulkan data riwayat kesehatan dan kehamilan
serta menganalisanya setiap kunjungan dengan pengkajian data fokus, meliputi
:
a. Riwayat untuk deteksi tanda bahaya kehamilan pada
dan ketidaknyamanan
b. Pemeriksaan fisik
c. Pemeriksaan laboratorium
3. Mengembangkan rencana sesuai dengan kebutuhan dan
perkembangan kehamilan
|
Ceramah,
diskusi kelompok kecil, demonstrasi
|
Ketepatan
menjelaskan, keaktifan dalam diskusi, ketepatan analisis dengan checklist
|
150
|
10%
|
12
|
Mahasiswa akan mampu melaksanakan
deteksi dini terhadap tanda bahaya kehamilan pada ibu dan janin
|
Mengidentifikasi
tanda bahaya kehamilan pada ibu dan janin pada kehamilan muda
1.
Perdarahan pervaginam
2. Hipertensi gravidarum
3. Nyeri perut bagian bawah
Mengidentifikasi
tanda
bahaya kehamilan pada ibu dan janin pada kehamilan lanjut :
1. Perdarahan pervaginam disertai nyeri perut yang hebat
2. Sakit kepala yang menetap
3. Penglihatan kabur
4. Bengkak pada wajah, tangan, dan kaki
5. Keluar cairan pervaginam
6. Gerakan janin berkurang/ tidak teraba
|
Ceramah,
diskusi kelompok kecil
|
Ketepatan
penjelasan,keaktifan dalam diskusi
|
150
|
5%
|
13
|
Mahasiswa
akan mampu mendokumentasikan asuhan kehamilan
|
Pendokumentasian asuhan
kehamilan dengan menggunakan pendekatan SOAP dan 7 langkah Varney
|
Cooperative learninng
|
Perhatian,
minat, sikap dan tingkat komunikatif mahasiswa
|
150
|
5%
|
14
|
UAS
|
150
|
10%
|
|||
|
Jumlah
|
2100
|
100%
|
Daftar Pustaka:
1. Asrinah
dkk.2010.Asuhan Kebidanan Masa Kehamilan.Yogyakarta:Graha Ilmu.
2. Sarwono
Prawirohardjo. 2002. Buku panduan praktis
pelayanan Kesehatan
maternatal dan neonatal. Jakarta : PT
Bina Pustaka
3. Sulityawati,
Ari. 2012. Asuhan kebidanan Pada Masa kehamilan. Jakarta: Salemba
Mediaka
4. Widatiningsih,
dkk. 2008. Panduan
Praktikum Asuhan Kebidanan I (Kehamilan Normal) Bd. 301. Magelang :
Poltekkes Kemenkes Semarang.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar