Rabu, 23 Maret 2016

RPS ASUHAN KEBIDANAN I (KEHAMILAN)




Halo bidan-bidan cantik...
Beberapa hari ini saya sangat disibukkan dengan pelatihan Pekerti dan AA, nah dalam pelatihan ini banyak sekali ilmu yang saya dapatkan...tapi banyak juga tugas yang harus dikerjakan. Salah satunya saya disibukkan dengan membuat RPS.  Beberapa saat lalu saya sudah memposting contoh tentang RPP ya..kali ini saya akan membahas tentang RPS. 

APA ITU RPS???

RPS adalah penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran untuk setiap muatan pembelajaran dalam satu semester. RPS ditetapkan dan dikembangkan oleh dosen secara mandiriatau bersama dalam kelompok keahlian suatu bidang ilmu pengetahuan dalam program studi. Yuk langsung simak contohnya...check it out..



RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS)
PROGRAM STUDI DIII KEBIDANAN

Program Studi             : D III Kebidanan      
Mata Kuliah                : Asuhan Kebidanan I (Kehamilan)
Kode Mata Kuliah      : KEB.301
Semester                      : II (dua)
SKS                             : 3 SKS (T : 3 SKS)
Dosen  Pengampu       : Risky Puji Wulandari, S.Tr. Keb

Deskripsi MK            :
            Mata kuliah ini memberikan kemampuan kepada mahasiswa untuk memberikan asuhan kebidanan pada ibu hamil normal dengan bantuan didasari konsep-konsep sikap dan keterampilan serta hasil evidence based dalam praktik antenatal yang menggunakan pendekatan managemen kebidanan dengan pokok bahasan konsep terjadinya kehamilan, adaptasi fisiologi dan psikologi ibu hamil, faktor yang mempengaruhi ibu hamil, kebutuhan ibu hamil, asuhan ibu hamil pada kunjungan awal dan ulang, deteksi terhadap tanda bahaya kehamilan pada ibu dan janin serta pendokumentasiannya.

Capaian Pembelajaran MK:
1.      Sikap:
a.       Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius.
b.      Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban berdasarkan Pancasila.
c.       Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain.
d.      Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.
e.       Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik.
f.       Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.

2.      Keterampilan Umum
Mampu menyelesaikan pekerjaan berlingkup luas dan menganalisis data dengan beragam metode yang sesuai, baik yang belum maupun yang sudah baku.
b.      Mampu menunjukkan kinerja bermutu dan terukur.
c.       Mampu memecahkan masalah pekerjaan dengan sifat dan konteks yang sesuai dengan bidang keahlian terapannya, didasarkan pada pemikiran logis, inovatif, dan bertanggung jawab atas hasilnya secara mandiri.
d.      Mempu menyusun laporan hasil dan proses kerja secara akurat dan sahih, serta mengkomunikasikannya secara efektif kepada pihak lain yang membutuhkannya.
e.       Mampu bekerja sama, berkomunikasi, dan berinovatif dalam pekerjaannya.
f.       Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervise dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah pertanggungjawabannya.
g.      Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya dan mengelola pengembangan kompetensi kerja secara mandiri.
h.      Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

3.      Keterampilan Khusus:
a.       Menjelaskan konsep dasar asuhan kehamilan.
b.      Menjelaskan proses adaptasi, fisiologi, dan psikologi dalam kehamilan.
c.       Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi kehamilan.
d.      Mengidentifikasi kebutuhan dasar ibu hamil sesuai dengan tahap perkembangannya.
e.       Melaksanakan asuhan kehamilan.
f.       Melaksanakan deteksi dini terhadap tanda bahaya kehamilan pada ibu dan janin.
g.      Mahasiswa akan mampu mendokumentasikan asuhan kehamilan

4.      Pengetahuan:
a.       Menguasai konsep dasar asuhan kehamilan.
b.      Menguasai proses adaptasi, fisiologi, dan psikologi dalam kehamilan.
c.       Menguasai faktor-faktor yang mempengaruhi kehamilan.
d.      Menguasai kebutuhan dasar ibu hamil sesuai dengan tahap perkembangannya.
e.       Menguasai teknik pemberian asuhan kehamilan.
f.       Menguasai cara deteksi dini terhadap tanda bahaya kehamilan pada ibu dan janin.
g.      Mahasiswa akan mampu mendokumentasikan asuhan kehamilan


TM
Ke
Kemampuan Akhir yang Diharapkan
Bahan Kajian
(Materi Ajar)
Bentuk/Metode Pembelajaran
Indikator Penilaian
Waktu
(menit)
Bobot Nilai
1
Mahasiswa akan mampu menjelaskan konsep dasar asuhan kehamilan.

Konsep dasar asuhan kehamilan.
1.     Filosofi asuhan kebidanan
2.     Ruang lingkup kehamilan
3.     Prinsip pokok asuhan kehamilan
4.     Sejarah asuhan kehamilan
5.     Refocusing asuhan kehamilan
6.     Standar asuhan kehamilan
7.     Tipe pelayanan asuhan kehamilan
8.     Hak-hak wanita hamil
9.     Tenaga professional (asuhan kehamilan)
10. Issue terkini dalam asuhan kehamilan
11. Evidence based dalam praktik kehamilan
Ceramah, diskusi kelompok kecil, presentasi
Ketepatan mengidentifikasi dan menjelaskan konsep, partisipasi dalam kegiatan pembelajaran
150
5%
2
Mahasiswa akan mampu menjelaskan konsep dasar asuhan kehamilan.

Konsep dasar asuhan kehamilan.
1.      Anatomi dan fisiologi reproduksi wanita, meliputi :
a.       Genitalia interna dan eksterna
b.      Panggul
c.       Siklus hormonal
2.      Siklus menstruasi dan proses konsepsi, meliputi :
a.       Ovum dan sperma
b.      Fertilisasi dan implantasi
3.      Pertumbuhan dan perkembangan hasil konsepsi, meliputi :
a.       Pertumbuhan dan perkembangan embrio
b.      Struktur dan fungsi amnion
c.       Struktur, fungsi, dan sirkulasi tali pusat
d.      Struktur, fungsi, dan sirkulasi plasenta
e.       Sirkulasi darah fetus
f.       Menentukan usia kehamilan
g.      Menentukan periode kehamilan
Ceramah, diskusi kelompok kecil

Ketepatan menjelaskan, keaktifan dalam diskusi 
150
5%
3
Mahasiswa akan mampu menjelaskan proses adaptasi, fisiologi, dan psikologi dalam kehamilan
Pertumbuhan anatomi dan adaptasi fisiologis pada ibu hamil trimester I, II, dan III, meliputi :
1.      System reproduksi
2.      Payudara
3.      System endokrin
4.      System kekebalan
5.      System perkemihan
6.      System pencernaan
7.      System musculoskeletal
8.      System kardiovaskuler
9.      System integument
10.  Metabolisme
11.  Berat badan dan indeks masa tubuh (IMT)
12.  Darah dan pembekuan darah
13.  System pernafasan
14.  System persyarafan
Ceramah, diskusi kelompok kecil, tugas makalah
Ketepatan menjelaskan, keaktifan dalam diskusi, ketepatan pembuatan tugas
150
10%
4
Mahasiswa akan mampu menjelaskan proses adaptasi, fisiologi, dan psikologi dalam kehamilan
Perubahan dan adaptasi dalam masa kehamilan dan pemeriksaan diagnostic kehamilan, meliputi :
1.      Perubahan adaptasi dan psikologi dalam masa kehamilan pada trimester I
2.      Perubahan adaptasi dan psikologi dalam masa kehamilan pada trimester II
3.      Perubahan adaptasi dan psikologi dalam masa kehamilan pada trimester III
4.      Pemeriksaan diagnostic, meliputi :
a.       Tanda pasti kehamilan
b.      Tanda tidak pasti kehamilan
c.       Tanda mungkin hamil
Ceramah, diskusi kelompok kecil
Ketepatan penjelasan, keaktifan dalam diskusi
150
5%
5
Mahasiswa akan mampu menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi kehamilan
Faktor-faktor yang mempengaruhi kehamilan, meliputi :
1.      Faktor fisik
a.       Status kesehatan
b.      Status gizi
c.       Gaya hidup
2.      Faktor psikologis
a.       Stressor internal dan eksternal
b.      Support keluarga
c.       Substance abuse
d.      Partner abuse
3.      Faktor lingkungan, sosial, budaya, dan ekonomi
a.       Kebiasaan adat dan istiadat
b.      Fasilitas kesehatan
c.       Ekonomi
Ceramah, diskusi kelompok kecil, presentasi
Ketepatan menjelaskan, partisipasi dalam kegiatan pembelajaran
150
5%
6
Mahasiswa akan mampu mengidentifikasi kebutuhan dasar ibu hamil sesuai dengan tahap perkembangannya
Kebutuhan fisik ibu hamil trimester I, II, dan III, meliputi :
1.     Oksigen
2.     Nutrisi
3.     Personal hygiene
4.     Pakaian
5.     Eliminasi
6.     Seksual
7.     Mobilisasi dan body mekanik
8.     Exercise
9.     Istirahat dan tidur
10. Imunisasi
11. Traveling
12. Persiapan laktasi
13. Persiapan persalinan dan kelahiran bayi
14. Memantau kesejahteraan janin
15. Ketidaknyamanan dan cara mengatasi
16. Kunjungan ulang
17. Pekerjaan
18. Tanda bahaya kehamilan
Ceramah, diskusi kelompok kecil, presentasi
Ketepatan menjelaskan, partisipasi dalam kegiatan pembelajaran
150
10%
7
Mahasiswa akan mampu mengidentifikasi kebutuhan dasar ibu hamil sesuai dengan tahap perkembangannya
Kebutuhan psikologis ibu hamil trimester I, II, dan III, meliputi :
1.     Support keluarga
2.     Support dari tenaga kesehatan
3.     Rasa aman dan nyaman selama kehamilan
4.     Persiapan menjadi orang tua
5.     Persiapan sibling
Ceramah, diskusi kelompok kecil
Ketepatan menjelaskan, keaktifan dalam diskusi 
150
5%
8
Mahasiswa akan mampu melaksanakan asuhan kehamilan
Melakukan asuhan kehamilan mulai dari kunjungan awal sampai kunjungan ulang yang meliputi pemeriksaan sesuai dengan teori dan langkah-langkah yang berurutan, yaitu :
1.      Tujuan kunjungan
2.      Pengkajian data kesehatan ibu hamil
a.       Riwayat kesehatan : riwayat social, riwayat kebidanan, riwayat keluarga, riwayat penyakit
b.      Pemeriksaan fisik
c.       Pemeriksaan panggul
d.      Pemeriksaan laboratorium
e.       Pemeriksaan emosional
3.      Pengkajian janin
a.       Gerakan janin
b.      DJJ
c.       NST
d.      Amniosintesis
Ceramah, diskusi kelompok kecil, demonstrasi
Ketepatan menjelaskan, keaktifan dalam diskusi, ketepatan analisis dengan checklist
150
10%
9
Mahasiswa akan mampu melaksanakan asuhan kehamilan
Menentukan diagnosa, meliputi :
1.      Menetapkan normalitas kehamilan
2.      Membedakan antara ketidaknyamanan dalam kehamilan dan kemungkinan mengalami tanda bahaya kehamilan pada
3.      Mengidentifikasi tanda dan gejala penyimpangan dari keadaan normal
4.      Mengidentifikasi kemungkinan kebutuhan belajar
Ceramah, diskusi kelompok kecil
Ketepatan menjelaskan, keaktifan dalam diskusi 
150
5%
10
Mahasiswa akan mampu melaksanakan asuhan kehamilan
Perencanaan asuhan yang komprehensif, meliputi :
1.      Menetapkan kebutuhan tes laboratorium
2.      Menetapkan kebutuhan belajar
3.      Menetapkan kebutuhan untuk pengobatan tanda bahaya kehamilan pada ringan
4.      Menetapkan kebutuhan konsultasi atau rujukan pada tenaga professional lainnya
5.      Menetapkan kebutuhan untuk konseling spesifik atau anticipatory guidance
6.      Menetapkan kebutuhan konseling HIV/AIDS
7.      Menetapkan jadwal kunjungan sesuai dengan perkembangan kehamilan

Ceramah, diskusi kelompok kecil, tugas makalah
Ketepatan menjelaskan, ketepatan pembuatan tugas 
150
10%
11
Mahasiswa akan mampu melaksanakan asuhan kehamilan
Melakukan asuhan kehamilan mulai dari kunjungan awal sampai kunjungan ulang, meliputi :
1.      Melakukan asuhan kehamilan kunjungan ulang, meliputi :
a.       Mengevaluasi penemuan masalah yang terjadi, aspek-aspek yang menonjol pada wanita hamil
b.      Mengevaluasi data dasar
c.       Mengevaluasi keefektivan managemen asuhan
2.      Mengumpulkan data riwayat kesehatan dan kehamilan serta menganalisanya setiap kunjungan dengan pengkajian data fokus, meliputi :
a.       Riwayat untuk deteksi tanda bahaya kehamilan pada dan ketidaknyamanan
b.      Pemeriksaan fisik
c.       Pemeriksaan laboratorium
3.      Mengembangkan rencana sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan kehamilan
Ceramah, diskusi kelompok kecil, demonstrasi
Ketepatan menjelaskan, keaktifan dalam diskusi, ketepatan analisis dengan checklist
150
10%
12
Mahasiswa akan mampu melaksanakan deteksi dini terhadap tanda bahaya kehamilan pada ibu dan janin
Mengidentifikasi tanda bahaya kehamilan pada ibu dan janin pada kehamilan muda
1.      Perdarahan pervaginam
2.      Hipertensi gravidarum
3.      Nyeri perut bagian bawah
Mengidentifikasi tanda bahaya kehamilan pada ibu dan janin pada kehamilan lanjut :
1.      Perdarahan pervaginam disertai nyeri perut yang hebat
2.      Sakit kepala yang menetap
3.      Penglihatan kabur
4.      Bengkak pada wajah, tangan, dan kaki
5.      Keluar cairan pervaginam
6.      Gerakan janin berkurang/ tidak teraba
Ceramah, diskusi kelompok kecil
Ketepatan penjelasan,keaktifan dalam diskusi

150
5%
13
Mahasiswa akan mampu mendokumentasikan asuhan kehamilan

Pendokumentasian asuhan kehamilan dengan menggunakan pendekatan SOAP dan 7 langkah Varney
Cooperative learninng
Perhatian, minat, sikap dan tingkat komunikatif mahasiswa
150
5%
14
UAS
150
10%

Jumlah
2100
100%

Daftar Pustaka:
1.      Asrinah dkk.2010.Asuhan Kebidanan Masa Kehamilan.Yogyakarta:Graha Ilmu.
2.     Sarwono Prawirohardjo. 2002. Buku panduan praktis pelayanan Kesehatan maternatal dan neonatal. Jakarta : PT Bina Pustaka
3.      Sulityawati, Ari. 2012. Asuhan kebidanan Pada Masa kehamilan. Jakarta: Salemba Mediaka
4.     Widatiningsih, dkk. 2008. Panduan Praktikum Asuhan Kebidanan I (Kehamilan Normal) Bd. 301. Magelang : Poltekkes Kemenkes Semarang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar